Pemko Palangka Raya Optimalkan Program Stimulus dan Pemulihan Ekonomi

Pemko Palangka Raya Optimalkan Program Stimulus dan Pemulihan Ekonomi
Wakil Wali Kota Palangka Raya Hj Umi Mastikah

PALANGKA RAYA - Ada sejumlah kebijakan-kebijakan baru yang diambil pemerintah pusat dalam rangka penanganan pandemi covid-19. Kebijakan itu diimplementasikan berupa stimulus maupun bantuan sebagai upaya pemulihan ekonomi.

Kebijakan baru yang diambil pemerintah pusat inipun mulai diimplementasikan ke setiap pemerintah daerah.

"Pemko Palangka Raya akan mengoptimalkan program pemulihan dan juga program stimulus yang digulirkan pemerintah pusat, " ungkap Wakil Wali Kota Palangka Raya Hj Umi Mastikah Jumat (21/8/2020).

Dikatakan, dalam hal pemulihan ekonomi, maka sektor yang dapat diandalkan untuk memulihkan geliat ekonomi di suatu daerah telah di tentukan. Seperti sektor perbankan dan UMKM, pertanian dan sektor lainnya. 

"Pemerintah Kota (Pemko) Palangka Raya hingga kini terus menjalankan 20 program pemulihan ekonomi bagi masyarakat terdampak covid-19, " beber Umi. 

Dari program-program sebanyak itu lanjutnya, telah ditangani sejumlah OPD di lingkungan Pemko Palangka Raya. Antara lain Dinas Perdagangan Koperasi UKM dan Perindustrian, Dinas Perikanan, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan serta Dinas Tenaga Kerja.

Contohnya, Dinas Perdagangan Koperasi UKM dan Perindustrian akan melaksanakan sejumlah bantuan peralatan untuk UMKM, pelatihan wirausaha, pertukangan furniture serta menjalankan program stimulus lainnya.

Begitupun Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, akan melakukan pengembangan unit pembenihan rakyat, budidaya ikan, budidaya sayur dan lain sebagainya yang berbasis pemberdayaan masyarakat.

“Intinya masing-masing OPD tadi akan melaksanakan seoptimal mungkin program pemulihan ekonomi atau recovery economic ini, "beber Umi.

Selebihnya perempuan pertama yang menjadi wakil wali kota Palangka Raya ini berharap, program pemulihan ekonomi yang dibarengi sejumlah program stimulus itu, pada tujuan akhirnya benar-benar mampu dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. (***)